List News

TANJUNG - Siswa-siswi SMAN 1 Tanta Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, punya cara berbeda untuk mengampanyekan gaya hidup hijau. Enggak cuma rutin menjaga lingkungan, mereka juga membuat hutan di sekolah. Wow!

Menurut salah satu pengelola hutan sekolah, Aida Mahfuzah, pembangunan hutan sekolah ini merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan sekaligus membudidayakan berbagai tanaman lokal. Hutan sekolah ini juga menjadi bagian kampanye hijau.

"Ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan terkait kampanye hijau selain mengembangkan hutan sekolah. Misalnya, kami membuat program pertanian organik, pestisida dan bank sampah," jelas Aida.

Hasil pertanian organik dijual ke sejumlah pembeli di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Keuntungan dari penjualan tersebut menjadi modal untuk membangun kolam ikan secara swadaya di sekolah.

Aida bercerita, hutan sekolah yang dibangun sejak 2013 itu menjadi sarana pengembangan berbagai tanaman hutan dan buah-buahan lokal. Tidak hanya itu, siswa juga bisa belajar di hutan sekolah ini.

Pengembangan hutan sekolah di SMAN 1 Tanjung tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Di antara dukungan itu adalah pengembangan dan implementasi kurikulum berwawasan lingkungan hingga pengadaan bibit buah-buahan untuk memperkaya tanaman di hutan sekolah.

 

Tags:

Share: