List News

JAKARTA - Selain melalui fungsi CSR, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Pertamina dilakukan juga oleh fungsi Pertamina Foundation (PF) yang secara aktif menggagas beberapa kegiatan bertema lingkungan dan pendidikan. Di antara kegiatan mereka adalah kegiatan Menabung 100 Juta Pohon, Sekolah Sobat Bumi, dan Beasiswa Sobat Bumi.

Director of Greenlife Pertamina Foundation, Lendo Novo mengatakan, fokus kegiatannya menyasar aspek lingkungan dan pendidikan yang berwawasan lingkungan. Mulai dari kegiatan menabung 100 juta pohon, yang hingga pada tahun ini telah berhasil menanam 90 juta pohon secara kumulatif.

"Di bidang energi terbarukan, dilakukan melalui penyediaan suplai pembuatan woodchip dari 800 ribu pohon lamtorogung di lahan 200 hektar untuk pembangkit listrik satu mega watt (1 MW)," ujar Lendo dalam acara buka puasa bersama di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, tadi malam.

Pada bidang pengelolaan sampah terpadu, Lendo melanjutkan, pihaknya melakukannya melalui zero waste management di Kota Payakumbuh. Ada juga kegiatan akademi menabung pohon. Melalui kerja sama dengan pihak ketiga, berhasil disusun kurikulum beserta modul serta mekanisme perekrutan relawan Gerakan Menabung Pohon. 

"Pada aspek pendidikan, PF menggelar Sekolah Sobat Bumi (SSB) di 17 sekolah melalui penerapan Sistem Tata Kelola Sekolah yang baik dan berwawasan lingkungan," ucapnya. 

Lebih lanjut, ditambah dengan pelatihan mengenai Pembangunan Berkelanjutan di 17 SSB, serta 170 sekolah binaan. Sebagai hasilnya, beberapa inovasi telah berhasil diciptakan, seperti Bahan Bakar Nabati (Bakarti) di SMP Negeri 1 Balikpapan dan SMP Negeri 10 Samarinda.

 

"Biogas di 11 SSB, dengan penerapan di SMK Negeri 3 Sukabumi. Tak kalah mencengangkan, berhasil dikembangkan juga Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di SMK Negeri 1 Probolinggo. Belum lagi eco-transportation di empat kota untuk 44 SSB," ungkapnya.

 

Tags:

Share: